Selasa, 03 September 2013
Cara Menghitung Rasio Kompresi
Rasio kompresi merupakan perbandingan volume ruang bakar saat piston di titik mati bawah (TMB ; ketika piston berada di titik paling jauh dari kepala silinder) dengan volume ruang bakar saat titik mati atas (TMA ; ketika piston berada di titik paling dekat dari kepala silinder). Semakin besar perbandingan rasio kompresi maka saat piston berada di TMA akan memiliki tekanan dan suhu yang semakin besar pula.
Kenapa kita harus mengukur rasio kompresi mesin?
Karena Kebocoran Kompresi itu sendiri yang harus di perbaiki
Untuk Menambah kecepatan kendaraan
Mengetahui rasio kompresi mesin kendaraan, untuk mengatur bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan itu sendiri
Sebagai perawatan terhadap kendaraan
Biasanya motor standar pabrik yang normal, tekanan kompresinya 7-9 kg/cm². Atau bahkan bisa sampai 12 kg/cm². Jika kurang dari 7 atau 6 kg/cm², motor dipastikan susah hidup dan bahkan mogok.
Cara menghitung kompresi/compression mesin motor 4tak
Cara menghitung kompresi dari sebuah sepeda motor. biasanya dari brosur sepeda motor baru sudah tercantum berapa kompresi dari motor tersebut. sebagai contoh motor yamaha jupiter memiliki kompresi 1:9.4. bagaimana cara mencarinya. rumusnya sbb:
(VB+VC)/VB dimana :
VB = volume silinder
VC = volume bahan bakar
Contoh :
Yamaha memiliki volume silinder 115 CC. dan memiliki volume ruang bakar 13.85 CC yang didapat dengan menggunakan alat yaitu buret untuk mengisi ruang bakar melalui lobang busi dengan cairan pada saat posisi piston berada di TMA ( titik mati atas) juga bisa menggunakan bekas suntikan dokter yang memiliki ukuran cc. bila dihitunng:
(115+13,58)/115 = 9,333
Perbedaan tekanan kompresi dengan rasio kompresi
Tekanan kompresi dipakai untuk mengukur tekanan yang terjadi diruang bakar dengan tujuan :
Untuk mengetahui tekanan kompresi motor sehat (standar)
Lalu membandingkan dengan tekanan kompresi yang udah terpakai.
Jika tekanan kompresi udah berkurang maka, kemungkinan disebabkan beberapa hal :
Ring piston bocor/sudah aus
Klep juga bocor
Gasket head bocor
Terjadi kebocoran di dalam ruang bakar tetapi tdk keluar melainkan ke dalam mesin itu sendiri, terutama pada bagian sebelah timing chain (keteng)
Perbandingan kompresi Istilah ini lebih dikenal dengan Static Compression ratio (SCR) atau perbandingan kompresis statis.
SCR harus ditentukan sesuai dengan oktan bahan bakar yang akan dipakai. Jika SCR terlalu tinggi maka akan terjadi detonasi atau ngelitik. Hal ini akan menyebabkan mesin over head dan tenaga mesin menjadi drop.
Dan yang lebih fatal, maka piston akan pecah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Poker Room Review: Bonuses, Games, and FAQs - Jammy
BalasHapusPoker room also boasts 여수 출장안마 a gaming floor with an casino bonus, games 평택 출장샵 and promotions. 천안 출장안마 Casino Rewards – 충청남도 출장안마 What is the poker room in the 안산 출장마사지 casino?